Life

Perempuan Versus Wanita: Jangan Salah Mengartikan!

Senin, Mei 23, 2016


"Lho? Bukannya sama aja?"

Itu pertanyaan yang langsung terlontar dari mulut gue yang saat ada temen sekantor (fyi namanya Hendro) bilang kalo 'perempuan' dan 'wanita' itu punya makna yang beda. Trus apa bedanya? Mungkin banyak yang udah tau, tapi gue yakin kalo banyak juga yang nasibnya kayak gue, gatau dan bahkan ga pernah mikir kalo kedua kata tersebut punya perbedaan yang begitu besar. Setelah tau fakta di balik kedua kata tersebut, fix gue ga pernah mau menyebut diri gue sebagai wanita! Why??? Yuk sini gue jelasin~

Wanita

Wanita harus mau diatur
Asal mula kata 'wanita' berasal dari bahasa Jawa yang diambil dari kata 'wani' yang artinya berani dan 'ditata' yang berarti ditata; diatur. Jadi ya kalau digabung, wanita itu artinya berani diatur. Disuruh ini, mau. Disuruh itu, mau. Apapun yang disuruh, harus dilakukan. Pokoknya kita tinggal terima keputusan deh, ngikut aja. Sebagai seseorang yang menjunjung tinggi ekualisme, tentu saja reaksi gue langsung "Yaampun, selama ini gue selalu menyebut diri gue wanita cool, pengen jadi wanita karir, dst. tanpa tau asal usul kata wanita!" Bukannya gue menganjurkan kalian jadi perempuan yang membangkang atau pemberontak, tapi ya at least kita harus punya prinsip dan opini yang harus kita perjuangkan, kan? Jangan cuma nurut dengan segala tuntutan sampai-sampai mengorbankan jati diri kita...

Perempuan

Perempuan adalah makhluk yang mulia
Sedangkan kata perempuan berasal dari bahasa Sansekerta yang diambil dari kata 'per' yang berarti makhluk dan 'empu' yang artinya mulia; mahir. Sehingga bila diartikan, perempuan adalah makhluk yang mulia dan memiliki kemampuan. WOW! Fantastic! Mendengar arti yang sedemikian indahnya, otomatis gue langsung mengubah perbendaharaan kata gue secara drastis. Mau seceplas-ceplos apapun mulut gue, gue ga pernah ngomong kata wanita lagi untuk mendeskripsikan diri gue maupun orang lain. Dan ga cuma dari perubahan tutur kata, gue pun berkata dalam hati, "Ini saatnya gue buktiin kalau gue perempuan sejati! Hahahaha!!" 

Well, sekarang makna kata perempuan maupun wanita mengalami pergeseran dari asal-usulnya. Kata wanita bahkan dianggap lebih halus dan terdengar lebih anggun daripada kata perempuan sehingga lebih sering digunakan. Kedua kata tersebut pun memiliki arti kata di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang lumayan berbeda daripada makna awalnya. Walaupun begitu, pertanyaannya adalah... kalau udah tau asal-usulnya, masih mau dipanggil wanita?

You Might Also Like

2 comment

  1. baru tau kalo ada bedanya, kukira kalo wanita itu untuk perempuan dewasa hehe

    BalasHapus
  2. yes, wanita itu artinya berani diatur. Disuruh ini, mau. Disuruh itu, mau. Apapun yang disuruh, harus dilakukan.
    beli asuransi kesehatan online

    BalasHapus